Belanja Cerdas di Pasar Grosir Tanah Abang

grosir tanah abang

JAKARTA, Pewartaekbis.com — Tanah Abang identik dengan pasar besar yang menawarkan grosir pakaian. Anda yang bertempat tinggal di Jakarta tentu telah beberapa kali menjelajah dan memborong barang di Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat. Nama Tanah Abang lahir dari cerita pengepungan tentara Kerajaan Mataram pada tahun 1628 ke Kota Batavia. Pada saat itu, tentara Mataram menyerbu Kota Batavia dari segala penjuru dan menggunakan Tanah Abang sebagai pangkalan. Kala itu Tanah Abang merupakan tanah berbukit dan di sekitarnya banyak terdapat genangan rawa. Oleh karena tanahnya yang merah atau “Abang” dalam bahasa Jawa, maka lahirlah nama Tanah Abang yang berarti Tanah Merah.

Pasar Grosir Tanah Abang selalu ramai.Bahkan,pengunjung yang menghabiskan waktunya untuk berbelanja ke Pasar Grosir Tanah Abang ini setiap harinya bisa mencapai dua ratus ribuan pengunjung. Padatnya pengunjung bukan tanpa alasan. Pasar Grosir Tanah Abang menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari fashion, gorden, perlengkapan ibadah, makanan, dan pernak pernik lainnya. Pasar Grosir ini tidak hanya diperuntukkan buat Anda yang ingin memuaskan kepentingan sendiri melainkan Anda juga dapat membeli grosiran dengan kepentingan dijual kembali.

Di manakah Anda dapat menemukan barang yang Anda cari? Bangunan pasar ini cukup besar dengan beberapa lantai yang di dalamnya menjual barang-barang yang berbeda. Berikut lantai dan aneka barang yang dapat Anda temui.

a.   Lantai B1,tersedia gorden dan berbagai macam bahan atau kain, seperti jeans, kebaya, batik, serta berbagai macam sprei, bad cover, dan bantal.

b.   Lantai SLG (Semi-Lower Ground), tersedia semua jenis baju wanita mulai dari kebaya jadi, kemeja, baju muslim, mukena, kaos, dan jilbab.

c.   Lantai LG (Lower Ground), sama dengan yang ada di SLG, namun ada juga baju anak-anak.

d.   Lantai G (Ground),tersedia berbagai macam pakaian pria.

e.   Lantai 1, juga merupakan pusatnya pakaian pria.

f.    Lantai 2,berisi pakaian wanita.

g.   Lantai 3, tersedia segala jenis tas, sabuk, dompet, aksesoris wanita seperti gelang, kalung, dan bross.

h.   Lantai 3A, merupakan pusatnya sepatu.

i.    Lantai 5, tersedia baju wanita, anak-anak, sampai pakaian pria.

j.    Lantai 6,dapat dikatakan sebagai pusatnya baju gaul anak muda.

k.   Lantai 7,masih kosong.

l.    Lantai 8,digunakan sebagai tempatFood Court, ada KFC, Texas, dan makanan tradisional.

Nah, agar Anda bisa berbelanja cerdas dengan harga pas di Tanah Abang, berikut ada beberapa tips berbelanja di sini.

1.   Buat daftar barang yang hendak dibeli

Tanah Abang merupakan pusat grosir sehingga berbagai barang ada di sini. Lokasinya punsangat luas. Oleh karena itu, agar waktu belanja Anda efektif, sebaiknya buat daftar terlebih dahulu barang apa saja yang ingin Anda beli. Selain efektif, bagi Anda pecinta shopping dan fashion, akan dapat menahan diri agar budget yang dikeluarkan tidak berlebihan.

2.   Pilih waktu berbelanja yang tepat

Memilih waktu efektif berbelanja sangat penting apalagi berbelanja di tempat yang sangat padat pengunjung. Tanah Abang dibuka setiap hari. Untuk hari Minggu, para pedagang akan tutup lebih cepat dari hari lainnya. Jika Anda ingin lebih santai, sebaiknya datang pada hari kerja. Pasar ini sudah mulai ramai sejak pukul 9 pagi. Semakin siang tentu akan semakin padat. Perlu diingat, membawa anak kecil sangat tidak direkomendasikan karena sesaknya pasar akan membuat anak kecil tidak nyaman.

3.   Belanja dalam jumlah banyak

Datang ke Pasar Tanah Abang adalah saat yang tepat untuk berbelanja grosir atau partai besar, minimal 3 pcs untuk satu produk yang sama. Jika ingin membeli eceran, lebih baik tidak di sini. Anda hanya akan mendapat harga yang sama atau bahkan lebih mahal dari tempat lain. Membeli dalam jumlah yang besar di pasar ini akan menguntungkan bagi Anda karena akan memperoleh harga yang murah. Bahkan, kalau beli satuan harganya bisa beda sekitar 10 hingga 20 ribu (mungkin lebih) daripada membeli minimal 3 pcs.

4.   Berlaku bijak saatmenawar

Harga sebuah produk di pasar ini antara satu pedagang dan lainnya tidak jauh berbeda. Untuk itu, Anda harus berlaku bijak dalam menawar. Jikamembeli eceran, jangan menawar yang tidak pantas. Pedagang bisa tersinggung dan Anda tidak akan mendapat barang yang Anda inginkan. Jika membeli grosiran, menawar dengan harga jauh lebih rendahsah-sah saja.

5.   Perhatikan kualitas

Kualitas barang sangat memengaruhi harga. Jangan sampai Anda tergiur dengan barang dengan harga murah namun dengan kualitas yang tidak bagus.

6.   Membangun Komunikasi dengan penjual

Para pedagang di Tanah Abang akan lebih terbuka dengan Anda jika anda bisa membangun komunikasi dengan baik. Nantinya, anda bisa menjadi langganan dan juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Tidak ada salahnya Anda meminta nomor HP atau kartu nama kepada si pedagang. Suatu saat Anda mungkin memerlukannya untuk menjadi rekan atau mitra bisnis Anda.

7.   Membawa barang seperlunya

Agar anda tidak kerepotan, sebaiknya Anda membawa barang-barang seperlunya saja dari rumah. Belanja di sini akan membuat energi Anda terkuras. Cukup dompet, HP, atm, dan uang tunai seperlunya di dalam tas kecil saja yang perlu dibawa. Agar Anda tidak dipusingkan dengan banyaknya kantong plastick dari berbagai toko, Anda dapat membawa tas jinjing besar dari kain yangakan meringkas barang belanjaan.

8.   Meminta nota pembelian

Ada keuntungan lain saat Anda memperoleh nota pembelian. Anda bisa mengkomplain barang jika tidak sesuai dan bisa menjadikan toko tersebut sebagai toko langganan jika barang yang anda dapatkan dari toko tersebut sangat memuaskan.

9.   Beristirahat jika lelah

Setelah lelah berkeliling dan memperoleh apa yang Anda inginkan,food courtyang ada di lantai 8 dapat menjadi tempat istirahat yang nyaman karena selain beristirahat Anda dapat mengisi perut kosong dengan makanan siap saji. Jika hendak ke kamar kecil atau melaksanakan ibadah sholat juga tersedia tempat di sini. Jika barang bawaan terlalu banyak, Anda dapat menyewa kuli panggul.

Tags:
author

Author: