Benarkah HSBC Akan Pecat 50.000 Karyawan?

hs

Hong Kong- Chief Executive HSBC Stuar Gulliver mengumumkan bahwa HSBC Bank akan memangkas 50.000 karyawannya. Dimana jumlah tersebut adalah hampir seperlima dari jumlah karyawan HSBC di seluruh dunia. Separuh dari pemangkasan karyawan ini berasal dari penjualan unit usaha HSBC di Brasil dan Turki. Sedangkan, sekitar 7.000 sampai 8.000 karyawan lainnya berasal dari Inggris, di mana satu dari enam pekerja akan di-PHK. Pengumuman tersebut Ia sampaikan menjelang presentasi kepada para investor dan analis

Dalam pengumumannya, Gulliver juga mengatakan, pihaknya juga akan memangkas unit usaha bank investasinya dengan melepas seperempat aset kreditor terbesar di Eropa. HSBC akan memangkas asetnya sebesar US$ 290 miliar, serta menjual unit usahanya di Brasil, Turki, dan melepas bank investasinya.

Stratefi baru ini termasuk pelepasan perbankan global dan devisi pemasaran untuk mengurangi sepertiga dari neraca HSBC sebesar US$ 2,6 miliar dari posisi saat ini sekitar 40 persen, yang menandai sebuah pengalihan yang signifikan bagi para kreditor. HSBC juga menetapkan target barunya untuk mengembalikan ekuitas lebih dari 10 persen pada tahun 2017, turun dari target sebelumnya yakni sebesar 12-15 persen pada tahun 2016.

Gulliver dalam penjelasannya kepada otoritas bursa saham Hong Kong, Selasa (9/6) mengatakan, hal ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk merampingkan dan meningkatkan kinerja perusahaan yang sedang anjlok. Lebih lanjut Gulliver mengatakan, ia akan memberikan penjelasan yang lebih rinci dalam rencana strategi utamanya pada semester kedua sejak ia menjabat pada tahun 2011.

Tags:
author

Author: