Benarkah Indonesia Akan Membeli Su- 35 Dari Rusia?

sukhoi

Jakarta – TNI AU mengincar jet tempur Su-35 untuk dimasukkan ke dalam anggaran 2015. Jet tersebut masuk ke dalam daftar yang dia incar karena dapat memenuhi kebutuhan alutsita TNI AU dan lebih mudah dioperasikan. Satu unit Su-35 diprediksi bernilai USD$65 juta atau setara Rp844 miliar. Nominal itu lebih murah dibandingkan jet tempur buatan Amerika Serikat, F-16 yang harga jualnya per unit mencapai USD$165 juta atau Rp2,1 triliun. Su-35 merupakan model terbaru dari Su-27M Flanker, di mana terdapat peningkatan terhadap kemampuan superioritas tempur udara dan didesain agar bisa menembak berbagai target dengan menggunakan peluru kendali maupun non-kendali.

Opsi pembelian pesawat tersebut sebenarnya telah lama dibicarakan oleh Kementerian Pertahanan Indonesia dengan pihak TNI Angkatan Udara (AU), yakni pada pertengahan Januari 2014 lalu. Di awal 2015 ini, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu membuka kembali keinginan TNI AU memperkuat pertahanannya dengan keluaran pesawat canggih

Hal tersebut juga tidak ditampik oleh pihak Kementerian Pertahanan. Sebagaimana dikatakan oleh juru bicara Brigadir Jenderal, Djundan Eko yang menyebutkan bahwa jet tempur Su-35 memang masuk ke dalam daftar belanja untuk anggaran tahun 2015-2019. Djundan menjelaskan, bahwa pembelian alutsista harus melalui kajian terlebih dahulu. Meskipun demikian, hingga saat ini dia mengatakan belum menerima kajian atau pengajuan daftar alutsista tersebut.

“Mungkin masih dalam proses. Tetapi, kami belum membicarakan mengenai hal itu di Kemhan,” imbuh Djundan.

Menanggapi rencana tersebut,Rusia menyambut baik rencana Indonesia yang ingin membeli pesawat Sukhoi 35 dari negerinya.
“Kami terbuka lebar untuk diskusi”, kata Dubes Rusia, Mikhail Y Galuzin,

Ia pun mengatakan, bahwa pihaknya berharap kesepakatan pembelian Sukhoi Su-35 bisa terjadi. Galuzin juga mengatakan, Rusia bangga bisa bekerja sama dengan Indonesia. Sebab, Indonesia disebut sebagai negara netral dalam konflik Rusia di dunia internasional.

Tags:
author

Author: