Benarkah, PT Bakrie Telecom Akan Mem-PHK Ratusan Karyawannya? Kenapa?

btel

Jakarta – Dalam rangka melakukan penghematan biaya operasional perusahaan agar dapat tetap bersaing di industri telekomunikasi, PT Bakrie Telecom Tbk akan mem-PHK 400 karyawannya. Saat ini jumlah karyawan operator Esia itu ada sekitar 1.300 yang tersebar di seluruh Indonesia. Para karyawan ini sudah diberi sosialisasi mengenai rencana PHK tersebut.

Presiden Direktur Bakrie Telecom, Jastiro Abi, mengatakan rencana PHK ini sudah lama digulirkan dan masih terus dibahas. Pelaksanaan PHK yang diperkirakan akan berlangsung pada kuartal II-2015 ini dilakukan demi efisiensi perusahaan.

“Kita totalnya nanti yang pasti harus di bawah 1.000, pengurangan antara 300-400,” kata Jastiro.

Jastiro mengatakan bahwa, perusahaan harus mencari cara untuk melakukan penghematan supaya tetap bisa bersaing di industri telekomunikasi yang sudah matang seperti sekarang ini.

Ia menjelaskan, bisnis harus tetap tumbuh. Industri BTEL sudah mature, langkah ini dilakukan supaya prusahaan tetap sehat dan supaya bisa survive. Maka, dengan berkurangnya jumlah karyawan, pihaknya menilai perusahaan bisa lebih efisien.

Lebih lanjut Jastiro menjelaskan, efisiensi dari PHK ini akan memiliki efek domino yang positif.Dengan berkurangnya jumlah orang akan efisien, karena birokrasi di beberapa sektr dapat dipangkas. Hal ini tidak hanya berdampak pada berkurangnya cost karyawan saja, namun juga cost office, dan juga cost listrik. Penurunan biaya di beberapa item atau Multiplier effect inilah yang akan membawa perusahaan tetap sehat dan survive.

Tags:
author

Author: