Bendera Palestina Berkibar di Kantor PBB, Warga Berkumpul di Ramallah

palestina

Palestina~ Titik terang pengakuan dunia akan keberadaan Palestina semakin terang. Bendera negara yang terus dihantam konflik dengan Israel ini telah dikibarkan di markas utama Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Peristiwa bersejarah ini tentu disambut dengan senyuman oleh warga Palestina. Mereka berkumpul di jalanan Ramallah, Tepi Barat dan Gaza, sembari bersorak dan melambaikan bendera Palestina.

Sebagaimana diwartakan AFP, Kamis (1/10) ratusan warga Palestina sengaja berkumpul untuk menyaksikan bersama pidato Presiden Mahmoud Abbas di Sidang Majelis Umum PBB. Mereka ingin menyaksikan pidato Presiden Abbas melalui layar besar.

“Palestina, yang merupakan negara pemantau di PBB, berhak mendapat pengakuan penuh dan keanggotaan penuh,” sebut Abbas dalam pidatonya.

Pidato tersebut langsung disambut sorakan serta lambaian bendera warga Palestina di Ramallah dan Gaza.

“Kami berharap bisa mengibarkan bendera Palestina di seluruh institusi internasional, di bawah nama negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukota,” ungkap salah satu warga Gaza, Huda Aliyan.

Setelah menyampaikan pidato, Abbas hadir langsung dalam prosesi simbolis pengibaran bendera nasional Palestina di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat. Abbas menyebut peristiwa yang dilakukan pada 30 September waktu setempat ini sebagai momen bersejarah.

Momen ini disambut baik oleh warga Palestina, baik di Gaza maupun Tepi Barat dengan perayaan meriah. Layar besar juga dipasang di kota Hebron, di mana warga Palestina merayakan pidato Abbas dan pengibaran bendera dengan konvoi dan menembakkan senapan ke udara.

Tags:
author

Author: