Ber-IMB Palsu, Proses Rehabilitasi Gedung Gereja ini Dibekukan

imb

(ilustrasi)

Jakarta~ Satu lagi pembangunan gereja yang ditengarai bermasalah. Kali ini di ibu kota, Jakarta. Gereja dimaksud ialah Gereja Alkitab Indonesia di Jalan Jati II RT 02/05, Tanjung Priok.  Gereja tersebut diduga menggunakan ijin mendirikan bangunan (IMB) palsu selama 30 tahun sehingga Suku Dinas Tata Kota Jakarta Utara (Jakut) membekukan proses rehabilitasi gedung.

“Pihak gereja meyakini jika mereka memiliki IMB dengan nomor 253/IMB/2013. Tapi setelah kami cek, tidak ada nomor itu,” sebut Kasudin Tata Kota, Monggur Siahaan.
naasnya, tak hanya soal IMB yang diduga abal abal. Lokasi bangunan gereja pun diketahui berbeda dengan yang didaftarkan. Ketika nomor tata ruangnya diferivikasi oleh petugas, lokasi gereja bukan di Jalan Jati, melainkan di daerah Warakas.

“Dari sisi tata ruang juga tidak sesuai dengan yang didaftarkan,” Imbuh Monggur.

Setelah mengetahui keganjilan ini, kata Monggur,  pemerintah langsung menyegel gereja tersebut sejak 30 Juni lalu. Kepada pihak gereja, Sudin Tata Kota Jakut berharap agar segera melaporkan ke polisi terkait IMB palsu.

Sementara itu, pendeta Kasno nampak tidak terima saat IMB gerejanya disebut palsu. Ia juga menyatakan pihaknya akan menempuh upaya hukum untuk menyelesaikan persoalan ini.

“IMB kami (gereja) asli kok. Kami akan lapor ke polisi,” kata Kasno.

Tags:
author

Author: