Beragam Aksi ‘memprotes’ Pernyataan Perdana Menteri Australia

narkoba

Aceh~ Beragam aksi dilakukan untuk menunjukkan keprihatinan atas ungkapan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengungkit kembali bantuan yang pernah disalurkan negaranya kepada korban tsunami Aceh. Sebagaimana diwartakan banyak media, ungkapan Tony agar Pemerintah Indonesia berkenan mengampuni kedua warganya dari hukuman mati.

Salah satu aksi unik dilakukan oleh puluhan korban tsunami di Aceh Barat. Mereka  melakukan aksi gali kuburan untuk dua warga Negara Australia yang terancam hukaman mati karena terlibat kasus narkoba di Denpasar, Bali. Dua liang kubur dimaksud digali di Pantai Pasir Putih, Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Berdasarkan pernyataan salah satu yang terlibat dalam aksi, tindakan  ini merupakan respons kepada Pemerintah Australia melalui Perdana Menteri Tony Abbott yang mengungkit kembali bantuan yang disalurkannya untuk Aceh saat bencana ssunami.

“Dua kuburan ini kita gali untuk gembong narkoba warga Australia yang akan diesekusi mati,  dan ini sebagai bentuk balas budi kita terhadap Australia,” demikian papar Edi Candra, salah satu warga Aceh Barat yang terlibat dalam aksi.

Selain menggali dua liang kubur, mereka juga membawa sejumlah poster yang mengkritik Tony Abbott  karena berani membuat pernyataan yang menyakiti hati korban tsunami. Menurut Edi, seharusnya Perdana Menteri tak mengeluarkan pernyataan semacam itu.

“Seharusnya, Perdana Menteri tidak mengelurkan pernyataan yang menyakiti hati kami korban tsunami hanya karena ada dua warganya terancam dihukum mati terlibat narkoba. Tidak ada hubungan batuan tsunami yang mereka salurkan dengan gembong narkoba,” lanjut Edi.

Tags:
author

Author: