Beri Stimulasi dan Nutrisi Tepat untuk Dukung Perkembangan Si Kecil

bayia

Jakarta- Tumbuh kembang anak sebagian besar dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi dari orang tua dan lingkungannya. Anak yang sehat lebih cenderung memiliki perkembangan kognitif yang normal. Oleh karena itu, kesehatan anak menjadi kunci utama yang perlu dipersiapkan oleh ibu sejak anak dalam kandungan.

Dilansir dari Kompas.com, Dr.Eddy Fadlyana Sp.A (K), Ketua Unit Kerja Tumbuh Kembang Ikatan Dokter Anak Indonesia mengatakan, bahwa calon ibu harus mempersiapkan dirinya dengan baik, terutama aspek gizi dan kesiapan mentalnya, sehingga bayi yang dilahirkan pun akan sehat.

Saat anak mulai melihat dan mendengar anak akan mulai belajar dari yang Ia lihat dan Ia dengar. Oleh karena itu, orangtua bisa memberi stimulasi yang tepat sesuai usianya untuk mengasah kemampuan otaknya.

Orangtua bisa memberi stimulasi anak dengan mengajak anak bermain musik, menggambar, mengelompokkan bentuk, hingga aktivitas yang mengasah fisik seperti bermain bola, menari, atau berenang.

“Hasil dari proses belajar anak tersebut bisa dilihat melalui beberapa faktor, yakni kemampuan motorik kasar, motorik halus, kemampuan bicara, dan sosial emosionalnya”, papar Dr Eddy.

Sama halnya dengan stimulasi, Dr Eddy menjelaskan bahwa nutrisi juga sangat dibutuhkan dalam mendukung kecerdasan anak. Pemberian nutrisi pada anak juga harus tepat, bukan hanya jenisnya tapi juga waktunya.

Dr Eddy mencontohkan, saat dalam masa kehamilan yang merupakan masa pembentukan otak anak, diperlukan zat-zat gizi tertentu. Kemudian, setelah lahir anak perlu mendapat ASI karena mengandung DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan sambungan-sambungan antar otak.

“Kalau pada masa-masa penting tersebut di mana perkembangan otak sedang pesat dan anak kekurangan nutrisi, dampaknya bisa permanen,” katanya.

Tags:
author

Author: