Besok Maret! Ada Festival Durian di Banjarnegara

belah durian magelang

Banjarnegara– Anda yang mengaku sebagai pecinta durian dapat mengunjungi Festival Durian Ndirun 2017. Acara ini akan dihelat pada tanggal 25-26 Maret di Dusun Ndirun Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dituturkan oleh Kepala Seksi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Widhy Anggoro Asih, festival ini merupakan agenda  yang rutin diselenggarakan.

“Awalnya keinginan masyarakat untuk mengangkat potensi durian lokal untuk membuat festival durian. Dusun Birun di Desa Singomerto itu memang sentra durian dan banyak kebun durian,” sebutnya seperti dikutip Kompas (4/1).

Di event ini, pengunjung dapat mengambil paket tur durian. Dengan paket ini,  wisatawan akan diajak dan diajarkan untuk mengenal buah durian, cara memetik durian, cara memilih durian, dan perbedaan jenis durian.

“Kalau tahun kemarin, ada ratusan durian gratis dibagikan. Nanti (Festival Ndirun 2017) ada lelang dan tahun ini dibagikan durian gratis. Ada juga acara seni tradisional,” imbuhnya.

Selain itu, pengunjung bisa menyantap durian lokal dari yang dipanen dari kebun-kebun durian di Kecamatan Sigaluh. Yang menarik, tarif durian yang ditawarkan pada festival inidijual mulai dari Rp 25.000 per buah.

“Durian lokal Banjarnegara ada durian montong. Kemudian, kemarin (festival tahun 2016) ada varietas baru juga. Mereka menyilangkan durian satu dengan durian lain,” lanjut Widhy.

Tags:
author

Author: