Bila Si Kecil Sakit Saat Mudik

mudik

Pewartaekbis- Mengajakk bayi melakukan perjalanan jauh bukanlah hal yang mudah. Oleh arenanya, orang tua harus menjaga kenyamanan dan pola makan balita Anda. Makanan untuk bayi dan balita ada baiknya jangan sampai terlupakan, usahakan memberi makan bayi atau balita, makanan yang memang sudah ia kenal sehari-hari. Hindari memberi bayi makanan yang di beli di luar yang kebersihannya kurang terjamin, untuk mengurangi resiko terserang berbagai macam penyakit.

Bawalah perlengkapan pakaian yang cukup. Sebab pakaian merupakan salah satu pendukung dalam menjaga kesehatan bayi selama mudik. Hal ini untuk mengantisipasi perbedaan temperatur udara maupun cuaca di kampung halaman, yang membuat tubuh bayi harus beradaptasi. Dengan adanya pakaian yang mendukung suhu udara membuat tubuh bayi tidak ‘kaget’ dengan perubahan , maka orangtua harus mengantisipasinya dengan pakaian yang mendukung.

Apabila segala usaha telah dilakukan untuk menjaga kesehatan si kecil saat mudik, telah dilakukan. Namun bila daya tahan tubuh si kecil tetap menurun, orangtua harus tetap tenang dan beruasaha membuatnya senyaman mungkin. Beberapa penyakit yang kerap dialami bayi saat perjalanan mudik, yaitu:

Pertama, diare. Bila bayi Anda diare berilah Oralit atau larutan gula dan garam. Jangan lupa juga memberinya minum dan makan yang cukup.

Kedua, demam. Saat kelelaha atau suhu “kaget”nya tubuh bayi karena perubahan suhu udara bayi mengalami demam.Saat bayi demam, orangtua bisa memberikan obat penurun panas. Selain itu, berikan minum yang banyak untuk menghindari dehidrasi dan membantu membantu menurunkan suhu tubuh. Karena, saat banyak minum , maka air seni dan keringat akan sering keluar dan membawa keluar serta panas tubuh. Namun, jika makin parah dan demam panasnya makin tinggi disertai kejang-kejang . maka, sebaiknya hentikan perjalanan dan segera cari pertolongan dokter di kota terdekat .

Ketiga, masuk angin. Saat masuk angin biasanya bayi akan rewel disertai mual dan muntah. Berikan ia aroma-aroma yang segar untuk menghilangan mualnya, dan olesi tubuhnya dengan minyak telon atau minyak kayu putih agar tubuhnya hangat.

Penyakit lain yang biasanya dialami bayi saat melakukan perjalanan jauh adalah gangguan Kulit. Biang keringat, ruam popok, sampai kulit yang alergi dengan air atau udara, bisa membuat si kecil gelisah selama perjalanan. Oleh karena itu, pastikan bedak dan sabun mandi si kecil tidak tertinggal.

Demikian beberapa hal yang perlu orang tua lakukan saat bayi sait dalam perjalanan. Namun, untuk menghindari kondisi yang lebih serius, jangan lupa untuk membawa persediaan obat sebelum melakukan perjalanan. Kotak obat ini bisa berupa bermacam-macam obat untuk P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dan obat penurun panas, obat batuk dan lainnya, yang bisa Anda dapatkan di toko bebas atau meminta dari dokter.

Rate this article!
Tags:
author

Author: