BMKG: Matahari di Atas Langit Sulbar Hampir Tertutup . . .

hilal syawal

Sulawesi~ Gerhana matahari akan menghiasi langit Indonesia besok, 9 Maret 2016. Intensitas gerhana matahari ini tidak sama di tiap daerah. Di wilayah Sulawesi selatan saja intensitasnya diperkirakan mulai dari 83,7 persen hingga 98 persen.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar menyatakan sejumlah daerah di Sulawesi Barat akan mengalami Gerhana Matahari Total (GMT). Artinya, selama beberapa menit suasana di wilayah itu gelap gulita.

“Matahari di atas langit Sulbar hampir tertutup semua oleh bulan. Khusus di Kabupaten Mamuju Utara, suasananya akan gelap gulita sebagaimana di Kota Palu dan Poso, Sulawesi Tengah,” jelas Kepala Bidang observasi BMKG Wilayah IV, Irwan Slamet (7/3).

Irwan juga menerangkan jika masyarakat bisa melihat langsung fenomena ala mini. Pasalnya, kondisinya gelap jadi tidak bisa terlihat. Namun, saat matahari tertutup sebagian tidak boleh dilihat langsung karena otomatis mata akan rusak

“Interaksi di saat kontak awal sama kontak terakhir, sangat berbahaya apalagi kata kita tidak didesain untuk itu maka gunakanlah kacamata khusus untuk melihat langsung,” pungkasnya seperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: