BPR Akan Bisa Salurkan KUR

 

ojk lagi

Pewartaekbis~ Kabar baik untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Pasalnya, dalam waktu dekat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera merampungkan regulasi yang membolehkan BPR menjadi penyalur KUR.

Dikemukakan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, syarat bagi BPR yang ingin jadi penyalur KUR hanyalah bersedia menjadi bank yang menyediakan fasilitas laku pandai. Artinya, sumber daya manusia, infrastruktur, hingga teknologi informasi sebagai syarat penyalur KUR juga sudah terpenuhi.

“Kalau dia mau ikut laku pandai bisa automatic dihubungkan dengan beberapa bank yang mau ikut. Bisa cepat kok, nggak perlu aturan lagi,” sebutnya di Gedung OJK, Jakarta (10/3).

Namun, ia menegaskan jikaBPR hanya sebagai penyalur KUR perantara dari bank umum yang ditunjuk atau channeling.

“Kalau sudah punya program laku pandai, BPR bisa jadi agen dari bank-bank. Saya kira pas lah, jadi nanti bisa melibatkan BPR. Saya sudah minta ke asosiasi agar dia menyiapkan diri untuk bisa bersama-sama jadi agen atau ikut serta dalam laku pandai,” imbuhnya kemudian.

Muliaman menerangkan juga jika pihaknya berupaya secepat mungkin memberlakukan regulasi ini sambil terus berkoordinasi dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

“Dalam pembicaraan dengan Menko, mungkin nanti kita akan follow up lebih cepat. Karena juga ada permintaan dari Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia) untuk bisa melibatkan BPR lebih jauh dalam KUR,” imbuh Muliaman seperti diwartakan detik.com.

Rate this article!
Tags:
author

Author: