BUMN Diimbau untuk Lebih Peduli dan Mendukung Ekonomi Kerakyatan

kh-said-aqil-siradj

Jakarta~ Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diimbau untuk lebih peduli dan mendukung program ekonomi kerakyatan. Imbauan ini datang dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“BUMN itu hendaknya tidak hanya mengejar untung, harus juga melayani masyarakat dengan mendorong ekonomi kerakyatan dan mematuhi hukum,” ungkap Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj Kiai Said dalam prosesi penyerahan bantuan 5.000 karung semen dari PT Semen Indonesia untuk program NU Peduli Aceh di Gedung PBNU Jakarta (18/1).

Ia juga mengingatkan agar perusahan-perusahan dalam struktur BUMN lebih mementingkan sumber ekonomi rakyat kecil. Perusahaan-perusahaan pelat merah negara juga disebutnya bisa berkolaborasi dengan ormas yang mengakar kuat ke basis desa dalam mengawal program transformasi melalui ekonomi kerakyatan.

Dalam kesempatan ini, sosok yang karib disapa Kiai Said juga mengingatkan agar BUMN jangan sampai bertabrakan dengan kepentingan masyarakat.

“BUMN selayaknya mengalah, jika ada potensi merugikan warga kecil, lingkungan hidup dan pertanian, yang merupakan basis mata pencaharian warga nahdliyyin,” lanjut kiai asal Cirebon ini.

BUMN, khususnya PT Semen Indonesia, diimbau Kiai said untuk berbisnis secara profesional dengan mematuhi regulasi sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

“BUMN harus menempatkan diri sebagai bagian dari lingkungan masyarakat setempat agar skema bisnisnya tidak mengeksklusi atau menyingkirkan hajat hidup orang banyak,” tegas kiai Said seperti diwartakan nu.or.id.

Tags:
author

Author: