Bus Sholawat Diaktifkan “Lagi” Saat Mekah Macet

haji

Makkah – Seiring dengan akan berakhirnya prosesi ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina), kepadatan kembali beralih ke Kota Makkah dan diperkirakan akan terus memuncak besok saat jemaah nafa tsani juga keluar Mina menuju Makkah.

Untuk itu, Kepala Bidang Transportasi Subhan Cholid menerangkan jika bus shalawat yang akan melayani jemaah dari pemondokan ke Masjidil Haram akan beroperasi lagi pada 14 dzulhijjah atau 16 september.

 “Pada minggu pertama, kita akan maksimalkan jumlah yang kita sewa. Seluruh bus yang disewa akan kita kerahkan untuk mengangkut jemaah,” ungkap Subhan (14/09).

“Sebab, para jemaah akan menyelesaikan manasiknya, yaitu tawaf ifadlah dan jemaah yang akan kembali ke tanah air dalam waktu dekat ini juga akan menyelesaikan tawaf wadanya,” lanjutnya seperti diwartakan laman resmi Kemenag.

Sejak pagi kemarin Kota Makkah memang dipenuhi pergerakan manusia yang kembali dari Mina. Subhan menerangkan jika kemacetan menyebabkan sebagian bus yang mengangkut jemaah dari Mina akhirnya tidak bisa mendekat ke pemondokan.

“Jemaah memilih untuk turun dan jalan, meski jaraknya lumayan, mencapai 1 km. Jamaah memilih berjalan kaki karena kalau menunggu di bus bisa sampai berjam-jam sampai di pemondokan. Dengan berjalan kaki lebih cepat sampai pemondokan,” tandasnya.

Tags:
author

Author: