Cara Jitu Menghilangkan 8 Noda Membandel

noda

Pewartaekbis- Berbagai macam aktivitas anggota keluarga di luar rumah biasanya tak luput meninggalkan bekas noda pada pakaian. Sekarang tidak perlu khawatir lagi, Anda bisa mencoba tips dibawah ini untuk menghilangkan berbagai macam noda. Ikuti tipsnya!

1. Noda Saus
Untuk menghilangkan noda saus pada pakaian, pertama segera bersihkan pakaian dengan air hangat. Jika ada, Anda bisa membubuhi noda dengan gliserin, dan jika noda menjadi merah, teak perlu khawatir karena akan hilang saat dicuci.

2. Noda Parfum
Untuk membersihkan noda parfum, rendam pakaian dengan air hangat selama setengah jam, lalu cuci seperti biasa. cara kedua, rendam pakaian dalam air yang diberi cuka selama beberapa jam, setelah itu cuci seperti biasa. Cara ketiga, cuci pakaian dengan air hangat lalu gosok noda parfum dengan gliserin, setelah itu cuci pakaian seperti biasa.

3. Noda Oli dan Getah
Meghilagkan noda oli, bisa dilakukan dengan mengoleskan mentega pada noda. Lalu diamkan sekitar 15-30 menit, dan cuci seperti biasa.

4.  Noda Minyak
Bila pakaian terkena noda minyak, segera taburi tepung atau bedak talek. Diamkan selama 10-20 menit. Bersihkan hingga noda hilang.
Atau bisa juga dengan cara, cuci kain dengan air sabun hangat, tapi jangan panas. Bila yang terkena minyak, pakaian yang terbuat dari nilon, segera taburkan bedak talek pada noda tersebut. Atau ambil kertas minyak untuk muka, taruh di noda. Lalu noda disetrika. Setelah selesai, taburi dengan bedak talek.

5. Noda Lumpur
Untuk menghilangkan noda karena lumbur, pertama-tama biarkan lumpur mengering, bersihkan lumpur dengan cara disikat. Jika masih menyisakan noda, gosok dengan air rebusan kentang, lalu cuci seperti biasa.

6. Noda Karat
untuk menghilangkan noda karat, Anda bisa melakukannya dengan cara tetesi bagian yang berkarat dengan cuka dan garam. Lalu gosok sampai bersih. Setelah itu cuci kain dengan sabun, hingga noda menghilang.

7. Noda Darah
Jika pakaian terkena noda darah, Anda bisa membersihkannya dengan air garam. Setelah noda hilang, bilas pakaian dengan air hangat, dan cuci seperti biasa. Bila kain yang bernoda perlu di-dry-clean, sebelum diserahkan ke laundry, olesi noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Noda pun akan memudar. Segera setelah itu bawa ke laundry untuk di-dry-clean.

8. Noda Bekas Deodorant
Untuk menghilangkan noda bekas deodorant dengan cara : Basahi noda di pakaian dengan menggunakan cuka putih sekitar 30 menit. Lalu cuci pakaian dengan air hangat dan menggunakan detergen dengan formula enzym. Atau bisa juga  dengan cara menggosokkan detergen cair dibagian yang terkena noda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, dan cuci pakaian seperti biasanya.

Tags:
author

Author: