Cara Unik Masyarakat Gresik Sambut Ramadhan

hilal syawal

Gresik~ Hari ini, 6 Juni 2016, umat Islam di Indonesia mulai menjalani puasa Ramadhan, bulan mulia ini disambut dengan berbagai cara oleh masyarakat Islam Indonesia yang dikenal kreatif.

Di Manyar-Gresik misalnya,  ratusan pemuda melakukan pawai obor keliling kampung sambil berselawat kepada Nabi Muhammad Saw. Mereka juga melakukan pelepasan lampion ke angkasa.

Seperti diwartakan JPNN, pawai dimulai dari masjid di tengah-tengah pemukiman warga Manyar Komplek hingga ke pesisir pantai.

“Pemuda Manyar sengaja melakukan pawai obor dan pelepasan lampion untuk mengingatkan para generasi muda, khususnya umat muslim, untuk menghormati bulan suci Ramadan dan mengisinya dengan hal-hal yang baik,” sebut Farid, Ketua Panitia Pawai Obor.

Farid menuturkan jika pawai obor merupakan tradisi yang sudah dijalankan sejak era leluhur mereka. Kegiatan ini selalu dilakukan setiap menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Menurut penjelasan masyarakat setempat, obor dan lampion menandakan cahaya terang serta keindahan di tengah kegelapan.

Tags:
author

Author: