Catat! Ada 4 Ruas Tol yang Gratis untuk Pemudik

ilustrasi

ilustrasi

Solo~ Kabar baik untuk Anda yang akan mudik ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pasalnya, sudah ada empat ruas Jalan Tol Trans-Jawa yang besok bisa dilintasi oleh para pemudik secara gratis.

Tol dimaksud sebagai berikut:

  1. Ruas Bawen-Salatiga yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo.
  2. Ruas Solo (Kartosura)-Sragen yang merupakan bagian dari Tol Solo-Ngawi.
  3. Ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara yang merupakan bagian dari Tol Kertosono-Mojokerto.
  4. Ruas Bangil-Rembang yang merupakan bagian dari Tol Gempol-Pasuruan.

Seperti dilaporkan Kompas, keempat ruas tol tersebut masih digratiskan untuk pemudik karena memang belum sempurna laiknya jalan tol yang sudah diresmikan dan dioperasikan.

Dituturkan oleh Direktur Teknik PT Solo Ngawi Jaya selaku pengelola Tol Solo-Ngawi, Thorry Hendrarto, ruas Solo-Sragen dibuka hanya untuk sementara selama 13 hari pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Untuk itu, Thorry mengaku jika saat ini pihaknya tengah berupaya untuk mempersiapkan pelayanan selama arus mudik dan balik tahun ini.

“Saat ini kami fokus pada pelayanan untuk arus mudik dan balik Lebaran. Setelah itu, kami akan melanjutkan dan menyempurnakan pekerjaan fisik untuk kemudian ketika sudah rampung 100 persen akan kami ajukan untuk uji laik fungsi,” ungkapnya (26/6).

Sementara itu, Proyek Manajer Tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga, Indriyono Darmawan, menerangkan jika  kesiapan ruas tol syang dikelolanya sudah 98 persen dan diharapkan bisa menjadi alternatif jalur mudik dan balik.

Nah, ruas jalan ini menurutnya bisa digunakan jika lalu lintas di jalan memang macet parah seperti yang lazim terjadi pada saat arus mudik dan balik.

“Ruas ini bisa digunakan bila kondisi lalu lintas di jalan utama macet parah. Kalaupun bisa dianggap bissa berfungsi, akan dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB,” katanya.

Tags:
author

Author: