Catat! Anies Baswedan Akan Melakukan Penggusuran dengan Manusiawi

anies-baswedan

Jakarta – Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemarin berkampanye di Pasar Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan (9/11). Di sana, ia menolak untuk menjamin bahwa dia tidak akan menggusur jika menjadi gubernur. Namun, ia berjanji jika penggusuran akan dilakukan lebih manusiawi.

“Tidak ada jaminan nol penggusuran tapi kita akan melakukan itu dengan manusiawi dibicarakan baik-baik karena sebenarnya kalau menyangkut kepentingan masyarakat kepentingan umum ya, rakyat bersedia kok berpindah tapi yang harus ingat, yang dipindah itu bukan barang. Yang pindah itu kehidupan,” sebutnya..

Cara dimaksud antara lain dengan jalan dialog, serta memastikan fasilitas kesehatan dan pendidikan tersedia di tempat baru dengan nyaman dan harga terjangkau.

“Dengan begitu perpindahan mereka menjadi lebih baik jangan sampai kita sekadar memindahkan tanpa ada solusi. Di situlah mengapa suara-suara mengenai penggusuran sangat keras di manapun, bahkan di tempat yang tidak ada rencana digusurpun ada solidaritas pak jangan digusur, karena sakitnya digusur itu muncul karena tidak adanya dialog yang baik,” imbuhnya.

Mantan Mendikbud ini juga punya pandangan soal penataan pasar karena mendapati banyak keluhan soal kondisi yang becek dan bocor.

“Kami memang memandang sektor informal ini memang sangat penting, jadi sektor informal ini tidak bisa ditiadakan namun harus diatur sehingga pedagang-pedagang itu tidak mengganggu lalu lintas pejalan kaki ditata dengan baik tapi bukan dihilangkan. Karena justru sektor informal ini menjadi penyerap tenaga kerja kerta sektor-sektor formal menghadapi masalah,” tandasnya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: