Chairul Tanjung: Menjadi entrepreneur itu simpel

kerja

Pewartaekbis~ Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Chairul Tanjung (CT), mengajak umat muslim di seluruh Indoesia untuk menjalankan sunnah Rasullah Muhammad SAW. Suah dimaksud ialah menjadi pedagang ‘Entrepreneur’. Dengan demikian, Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan mampu bersaing dengan negara-negara lain. Ajakan tersebut dikemukakannya saat menjadi pembicara tentang ‘Membangun Ekonomi dan Politik yang berkeadilan dan beradab’ di acara Musyawarah Nasional ke 9 MUI di Hotel Garden Palace Surabaya (25/8)

“Nabi Muhammad SAW nabi kita itu seorang pedagang. Jadi aneh kalau umat Islam tidak mengamalkan sunnah nabi sebagai pedagang. Jadi ini dilematis. Yang aneh kita diminta mengikuti sunnah, tapi tidak melakukan sunnah rasul,” papar Chairul Tanjung.

Chaerul juga meyebutka jika enggannya masyarakat untuk berwirausaha disebabkan oleh persepsi awal.

“Ini terjadi karena persepsi kita budaya kita bahwa pengusaha itu dekatnya ke hal yang tidak baik, apakah riba, spekulasi,” imbuh big bos CT Corp ini.

Chaerul juga mengataka jika negara disebut maju apabila memiliki entrepreneur (pengusaha) yang tinggi. Amerika Serikat sebagai negara maju memiliki entrepreneur 12 persen dari jumlah penduduknya, Jepang 11 persen, Singapura 7 persen. Semetara itu,di Indonesia hanya 1,6 persen.

“Umat muslim ini senangnya menjadi pegawai negeri sipil atau karyawan swasta. Generasi muda kita inginya sukses instan, mau jadi cepat tanpa proses,” lanjutnya.

Padahal menurutnya menjadi etrepeneur itu simpel.

“Menjadi entrepreneur itu simpel yakni bisa membaca atau menangkap peluang. Jika tidak ada peluang, maka ciptakanlah peluang,” paparya lagi.

Sumber: detik.com

Tags:
author

Author: