Dampak Banjir Pada Panen Tahun Ini

puso

Jakarta – Sejumlah daerah terancam gagal panen akibat hujan deras. Januari- februari merupakan puncak dari musim penghujan tahun ini. Akibatnya, berhektar-hektar sawah di sejumlah daerah yang hampir panen terancam puso, sehingga gagal panen.

Dilansir Detik.com, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan, Suwandi di Jakarta mengatakan, bahwa hujan deras yang mengakibatkan banjir berdampak pada produksi padi diawal tahun ini tidak signifikan.

Berdasarkan data yang diperoleh Kementan, pada Januari lalu ada 2.000 hektar (ha) sawah yang tergenang banjir, sedangkan di bulan februari ini masih dalam pendataan. Meski demikian, Kementan memperkirakan data ini tak signifikan.

“Luas areal sawah yang tergenang banjir pada Januari 2016 di bawah 2.000 ha. Nggak signifikan terhadap produksi, dampaknya sangat kecil,” kata Suwandi.

Sementara itu, Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Hasil Sembiring mengatakan, adanya banjir yang melanda beberapa daerah ini, pihaknya telah berupaya menekan gagal panen.

“Kita sudah normalisasi jaringan irigasi, pompa sudah disiapkan, kita juga sudah membangun sumur dalam, sumur dangkal untuk daerah yang rawan banjir,” ungkapnya.

Rate this article!
Tags:
author

Author: