Data Anyar! Angka Kemiskinan di Jawa Barat Menurun

bandung

Jakarta ~ Ada banyak hal yang menarik untuk dibicarakan dari Provinsi Jawa Barat. Salah satunya tentu saja terkait data angka kemiskinan yang menurun hingga angka 8,95% pada data yang dimiliki BPS untuk bulan Maret 2016.

Dta ini tentu menjadi kegembiraan tersendiri bagi Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. Ia pun berharap, angka kemiskinan akan terus menurun.

 “Kendala yang kita hadapi dalam beberapa tahun ini adalah terkait dengan kesimpang siuran data kemiskinan. Perbedaan data, kedalaman data yang sulit diukur, serta anekdot ‘data dimana-mana, tetapi dimana-mana tidak ada data’, telah menjadi problem klasik perencanaan serta pelaksanaan program penuntasan kemiskinan selama ini,” sebut Wagub Deddy Mizwar beberapa waktu lalu.

Ia juga mengungkapkan perlunya basis data terpadu 2015 dijadikan baseline data, terutama untuk sasaran dan target dari program penanggulangan kemiskinan untuk beberapa tahun kedepan.

Menurutnya, efektivitas penanggulangan kemiskinan sangat dipengaruhi oleh koordinasi lintas sektoral dan lintas pemerintahan, baik dalam perencanaan, maupun dalam pelaksanaannya.

“Oleh sebab itu, keberadaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi dan Kabupaten/ Kota harus lebih dioptimalkan, untuk mewujudkan program penanggulangan kemiskinan yang fokus pada kejelasan target, yang tepat program, tepat kegiatan, tepat lokasi, dan tepat anggaran,” imbuh Deddy seperti diwartakan liputan6.com

Tags:
author

Author: