Desa Kasongan, sentra Gerabah Terkenal di Jogja

kasongan

Pewartaekbis~ Pecinta kerajinan gerabah ‘wajib’ mengunjungi Desa Kasongan. Salah satud esa di Kabupaten Bantul bagian utara ini telah dikenal sebagai penghasil gerabah kualitas super.  Memasuki desa ini, pengunjung bahkan sudah disambut dengan gerbang yang menunjukkan bila Anda telah sampai di sentra kerajinan gerabah, Desa Kasongan.

Begitu memasuk gerbang, akan dengan mudah Anda jumpai gerai- gerai penjual aneka kerajinan gerabah di kanan dan kiri jalan. Kerajinan dimaksud sangat bervariasi, mulai dari asesoris berukuran mini hingga perabot rumah tangga berukuran jumbo.

Namun, desain gerabah yang Anda lihat saat ini merupakan hasil dari serangkaian proses para seniman gerabah di Yogyakarta. Konon, pada awalnya gerabah kasongan tidak memiliki corak sama sekali. Namun, legenda matinya seekor kuda telah menginspirasi para pengrajin untuk membuat motif kuda pada banyak produk. Seiring waktu berjalan, motif produk desa kerajinan Kasongan pun semakin beragam.

Jika ingin melihat pembuatan gerabah, wisatawan dapat mengunjungi beberapa galeri keramik yang memproduksi langsung kerajinan khas itu di tempat.Produksi dimaksud  mulai dari penggilingan, pembentukan bahan menggunakan perbot, penjemuran produk yang biasanya memakan waktu 2-4 hari. Produk yang telah dijemur itu kemudian dibakar. Selanjutnya, akan dicat menggunakan cat khusus.

Nah, jika Anda ingin memesan gerabah dengan motif tertentu, Anda juga dapat memesannya kepada perajin. Dengan keramahan khas masyarakat Jogja, seniman Kasongan selalu siap melayani kebutuhan gerabah untuk berbagai keperluan.

Tags:
author

Author: