Di Jogja Ada Pasar Beringharjo, di Cilacap Ada Pasar Gede

pasar

Cilacap~ Apabila di Yogyakarta ada Pasar Beringharjo, maka masyarakat Cilacap memiliki Pasar Gede. Seperti Pasar Beringharjo, Pasar Gede merupakan pasar campuran antara modern dan tradisional. Betapa tidak, di tengah pasar tradisiolan ini berdiri kukuh mal bernama Barata Mall. Selain itu, Pasar yang berada di Kecamatan Cilacap Selatan ini juga dikenal sebagai pasar terbesar di kabupaten ini.

Pasar Gede menjadi kebanggaan masyarakat Cilacap. Betapa tidak, pasar ini memiliki bangunan seluas 13.357 m² yang dibangun di lahan seluas 20.000 m². Pasar yang memiliki tiga lantai tersebut diresmikan kembali pada tahun 2010 oleh Ketua DPRD Cilacap. Tiga lantai pada bagian depan diperuntukkan sebagai pasar modern, yaitu pusat perbelanjaan Barata. Lantai satu bagian belakang digunakan untuk pasar semi modern. Sementara itu, pada lantai dua bagian belakang dipergunakan untuk pasar tradisional.

Di dalam Pasar Gede telah disediakan fasilitas-fasilitas umum antara lain 595 kios, 332 los, musala 1 buah, MCK 6 buah, dan 1 buah super market. Jumlah pedagang yang beraktivitas di pasar ini pun lebih dari enam ratus orang. Oleh karena itu, tak mengherankan jika Pasar Gede menjadi objek wisata belanja yang sangat ramai. Di akhir pekan, tempat ini bahkan lebih layak disebut sebagai lautan manusia.

Untuk lebih mempercantik Pasar Gede, Pemkab Cilacap akan segera melakukan penataan ulang pasar ini. Penataan dimaksud dilakukan dengan mengubah kios yang mangkrak  menjadi tempat kuliner. Ada juga wacana soal pemindahan areal parkir ke lantai dua agar lebih rapi.

Tags:
author

Author: