Di Kenya, Beli Air Bisa Lewat ATM

air

Nairobi-  Pemerintah Nairobi bekerjasama dengan perusahaan teknologi air bersih asal Denmark, Grundfos menyediakan mesin penyalur air untuk penduduk Mathare, Ibu Kota Kenya, Nairobi.

Sebelumnya para penduduk memenuhi kebutuhan airnya tergantung dengan para pedagang air yang menawarkan dengan harga mahal. Padahal air yang digunakan sebagai air minum oleh para penduduk itu diambil dari sumber air yang kotor.

Kini para penduduk di kawasan pemukiman tersebut bisa mendapatkan air bersih lewat sistem seperti mesin Anjungan Tunai Mandiri, ATM. Warga yang akan membeli air tinggal menggosok kartu cerdasnya -yang bisa ditambah nilainya di warung-warung atau lewat telepon genggam- di salah satu empat mesin dan air akan mengalir dari keran.

Dilansir dari BBC News, dengan sistem baru ini para warga menggunakan kartu cerdas ini, warga mendapatkan air bersih yang lebih murah. Harga air dari mesin ini 0,5 shiling Kenya atau sekitar Rp6.500 untuk 20 liter air, jauh lebih murah dari harga yang ditawarkan para pedagang air.

Sebelumnya sistem penyediaan air bersih dengan mesin penyalur ini sudah diterapkan di kawasan pedesaan Kenya, namun yang ini adalah untuk pertama kalinya digunakan di perkotaan.

Rate this article!
Tags:
author

Author: