Di Solo, Rp2.000,- Sudah Makan Kenyang

sayur

Pewartaekbis~ Ada banyak hal menarik di Kota Solo. Selain budaya Jawanya yang sudah dikenal luas, di kota asal Presiden Jokowi ini ada mobil yang disulap layaknya warung makan mini. Bukan sembarang warung makan berjalan, mobil pick up ini menjual makanan dengan harga yang sangat murah. Saking murahnya, masyarakat Solo melabelinya dengan sebutan ‘warung murah’.

Untuk makan di warung murah, pembeli hanya akan diminta uang sebesar Rp2.000,-. Meski murah, lauk pauk yang dusediakan beragam. Ada aneka sayur, ayam, lele, dan banyak lagi. Oleh karena harganya yang murah, dalam sehari mobil ini mampu menjual hingga 300 porsi per hari.

Salah satu tokoh penting di balik perjalanan warung murah adalah Muhammad Nur, sang Koordinator Warung Murah. Ia mengatakan jika mobil yang dikelolanya tersebut memang berkeliling mendatangi warga di kampung-kampung untuk menyediakan menu murah meriah. Ajaibnya, mobil yang menjual kuliner murah meriah ini telah beroperasi sekitar setahun.

“Kami berjualan berkeliling 4 kali dalam seminggu. Ada puluhan relawan yang terlibat dalam warung murah kami. Kami sengaja mendatangi kampung yang banyak dihuni warga yang kurang mampu. Misalnya di Kelurahan Semanggi, Terminal, TPA Puteri Cempo, dan Bundaran Gladag,” terangnya sepert diwartakan merdeka.com.

Untuk menyediakan 200-300 porsi, Muhammad Nur mengaku membutuhkan dana sekitar satu juta rupiah. Dana tersebut diperoleh dari sumbangan donatur dan orang yang tertarik untuk membantu program sosial tersebut.
“Sumbangan tidak harus berupa uang, bisa juga bahan makanan,” lanjutnya.

Tags:
author

Author: