Diduga Aktivis ISIS, AHM Dibekuk Densus 88 Tadi Pagi

densus

Pewartaekbis~ Kabar soal keberadaan pengikut Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Indonesia mulai menemui titik terang. Seperti diwartakan Kompas, Kepala Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Anton Charliyan telah membenarkan personel Detasemen Khusus 88 Polri menangkap terduga pengikut ISIS di Jawa Timur. Ia ditangkap pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB di Jalan Arif Margono, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

“Memang ada operasi Densus di Jawa Timur,” kata Brigjen (Pol) Anton Charliyan.

Brigjen (Pol) Anton Charliyan juga menyebutkan jika penangkapan satu orang terduga teroris tersebut ada kaitannya dengan penangkapan sejumlah terduga pengikut ISIS di berbagai lokasi.

Berdasarkan sumber terpercaya, pengikut ISIS yang ditangkap di Jawa Timur memiliki inisial AHM. Menurut catatan kepolisian AHM baru kembali dari perang di Suriah guna membantu aksi kelompok radikal ISIS di sana. Keberangkatannya ke Suriah dibantu oleh seorang pengikut ISIS dengan inisial SMA.

Sebagai diwartakan sejumlah media, pada tanggal 21 dan 22 Maret 2015 aparat kepolisian menggerebek sejumlah rumah terduga teroris di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Bogor. Menurut pihak berwenang, mereka yang ditangkap diyakini memiliki peran penting dalam menyebarkan paham ISIS di Indonesia.

Tidak hanya itu, mereka juga disebut-sebut sebagai penyandang dana dan membantu pemberangkatan WNI ke berbagai negara. Polri juga yakin mereka berperan penting dalam keberangkatkan 37 WNI ke Turki. Selain itu, mereka diduga menjadi pelatih WNI simpatisan NIIS, hingga mengunggah video pelatihan anak-anak oleh NIIS di laman Youtube.

Tags:
author

Author: