Diet Jitu Dengan Air Putih, Ini Triknya

Minumlah banyak air untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi (Sumber: Getty Image)

Jakarta– Air merupakan salah satu sumber utama kehidupan. Karenanya, sudahlah sewajarnya jika air merupakan unsur penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kompas.com, tidak hanya mencegah dehidrasi, minum air putih yang cukup setiap hari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan, sebuah penelitian menemukan,  minum dua gelas air putih setiap kali sebelum makan siang dan malam ternyata bisa membantu menurunkan  berat badan.

Minum air putih dua gelas sebelum makan setiap hari selama 12 minggu, mampu menurunkan berat badan sebanyak 2,2 kg lebih banyak daripada program diet lainnya.

Brenda Davy, profesor di Department of Human Nutrition, Foods and Exercise in the College of Agriculture and Life Sciences, Virginia Tech di  Blacksburg, Virginia, dan penulis senior penelitian mengatakan, penelitian antara konsumsi air putih dengan penurunan berat badan awalnya dilakukan secara acak.

Penelitian ini dilakukan terhadap 48 relawan pria dan wanita yang tengah menjalani program diet dengan mengurangi asupan kalori sebesar 75-90 kalori perhari yang disertai minum air dua gelas tiap sebelum makan.

Setelah 12 minggu, mereka berhasil mengurangi berat badan lebih banyak sekitar 2,2 kg daripada yang tidak mengkonsumsi air putih sebelum makan.

Diketahui diet dengan air putih ini berhasil dikarenakan, air putih tidak mengandung kalori dan menimbulkan sensasi kenyang sebelum makan, sehingga makanan yang masuk lebih sedikit.

Tags:
author

Author: