Diet Sehat, Bukan Berarti Tidak Makan

makan

Jakarta- Menjaga berat badan dengan menahan lapar, bukanlah solusi tepat. Banyak orang yang beranggapan bahwa tidak makan malam akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal hal ini sangat berisiko terhadap kesehatan. Bukanya berat badan turun, kebiasaan ini bisa membuat bobot makin melambung.

Dilansir dari Kompas.com, Nancy Snyderman, MD, penulis buku diet Myths That Keep Us Fat mengatakan, makan malam tidak berhubungan dengan pertambahan lemak. Menurutnya, yang menentukan pertambahan lemak di tubuh adalah jumlah total asupan kalori yang melebihi kebutuhan.

Hal ini dikarenakan, aktivitas disiang dan malam hari juga berbeda. Hal ini juga punya andil dalam menentukan besarnya asupan kalori yang dibutuhkan tubuh. Di malam hari, metabolisme tubuh dan aktivitas pencernaan menurun.

Namun, tidak makan malam bisa membuat kita lapar berat. Tidak mengonsumsi makanna dalam waktu lebih dari delapan jam, akan membuat proses metabolisme melambat dan badan kehilangan energi. Selanjutnya, badan akan terasa tidak enak dan mengeluh lambung terasa sakit. Kekosongan di lambung inilah yang kemudian akan membuat badan jadi lebih sensitif terhadap kalori yang masuk. Jadi, sewaktu ada makanan yang masuk, bukannya dibakar menjadi energi, tubuh malah akan menyimpannya menjadi lemak.

Snyderman mengatakan, kesimpulannya makan malam tidak akan menimbulkan masalah, bila kita terbiasa makan teratur dan sehat sepanjang hari.

Rate this article!
Tags:
author

Author: