Dikunjungi Ketua Umum PGRI, Ini Pernyataan Wapres Jusuf Kalla

jk

Pewartaekbis~ Kemarin, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI ) Sulistyo mengunjungi Kantor Wakil Presiden. Dalam pertemuan tersebut, Ketua PB PGRI Sulistyo menyebutkan dihadapan Wapres Jusuf Kalla bahwa Indonesia masih kekurangan guru, terutama yang mengajar di tingkat sekolah dasar. Kekurangan guru sekolah dasar bahkan mencapai 400.000 orang, berdasarkan data PGRI.

“Hal ini disebabkan pengangkatan guru Inpres yang dilakukan pada tahun 1973 saat ini sudah pensiun” papar Sulistyo.

Sulistyo juga melaporkan langkah ‘darurat’ yang dilakukan pihak sekolah untuk menutupi kekurangan guru tersebut. Langkah dimaksud yakni mengangkat guru honorer. Akan tetapi, keberadaan guru honorer ini menuai masalah baru karena kesejahteraannya yang kurang diperhatikan.

Selain itu, Sulistyo juga menyampaikan bahwa PGRI beserta para guru mendukung kebijakan pemerintah untuk melaksanakan sebaik-baiknya pergantian sementara kurikulum 2013 ke kurikulum 2006 yang terjadi di tengah tahun ajaran.

Menyambut insan pendidikan tersebut, Wapres Jusuf Kalla mengaku pemerintah akan mengevaluasi penempatan guru setiap tahunnya guna meningkatkan mutu pendidikan di tanah air. Menurutnya, pemerintah menjamin jumlah guru akan sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap wilayah.

Guru, fasilitas sekolah, dan sistem kurikulum adalah elemen dasar pendidikan yang menjadi perhatian pemerintah. Wapres Jusuf Kalla juga menyebutkan ihwal diperlukannya kurikulum yang menghasilkan generasi yang dibutuhkan bangsa 10 tahun ke depan.

“Perubahan sistem pendidikan dari yang hanya mendengar menjadi generasi yang memahami dan berdiskusi,” lanjut Wapres Jusuf Kalla.

selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla berbicara soal minat belajar siswa yang berkurang akibat terlalu sering bermain.

“Banyaknya anak-anak sekolah yang bermain di mal, menjadi anggota geng motor menunjukkan semangat belajar yang berkurang,” demikian papar Wapres Jusuf Kalla seperti diwartakan laman wapres.go.id.

Tags:
author

Author: