Optimisme AS Bikin Dollar Menguat, Rupiah Melemah Rp11.353

koreksi rupiah

JAKARTA, Pewartaekbis.com – Penguatan manufaktur mendorong optimisme ekonomi dan pengurangan nagka pengangguran di Amerika Serikat. Dollar AS cenderung menguat terhadap mata uang dunia.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore (04/04/2014), melemah sebesar 57 poin menjadi Rp11.353 dibanding sebelumnya Rp11.296 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova mengatakan bahwa jumlah pengangguran di AS akan berkurang menyusul kegiatan manufaktur di Amerika Serikat meningkat sehingga memicu optimisme pertumbuhan ekonominya. “Melihat kondisi itu diperkirakan ‘tapering off’ bisa dilakukan secara agresif oleh the Fed,” kata dia.

Di sisi lain, seperti dilansir pada laman investor.co.id, Rully Nova menambahkan, sebagian pelaku pasar uang di dalam negeri juga cenderung mengambil posisi menunggu hasil Pemilihan Umum Legislatif pada tanggal 9 April mendatang.

Kendati demikian, lanjut dia, sentimen domestik yang masih cukup positif, seperti inflasi stabil serta tren surplus pada neraca perdagangan Indonesia menahan tekanan mata uang rupiah lebih dalam.

Rully mengemukakan bahwa secara fundamental pergerakan mata uang rupiah pada pekan depan di kisaran Rp11.300–Rp11.400 per dolar AS.

Sementara itu, pada kurs tengah Bank Indonesia mata uang domestik ini tidak berubah nilainya atau stagnan di posisi Rp11.310 per dolar AS.

Tags:
author

Author: