Dua Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat AirAsia QZ8501 Kembali Ditemukan

sar

JAKARTA —  Dua jenazah AirAsia QZ8501 ditemukan oleh nelayan di area sektor V pencarian. Laporan kemudian diteruskan kepada petugas kepolisian yang berada di Polsek Pulau Sembilan, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kedua jenazah diterbangkan langsung dari lokasi penemuan ke Surabaya, Jawa Timur, untuk proses identifikasi.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo dalam konferensi pers di Kantor Basarnas, Jakarta Pusat.

Sementara itu, seluruh data ante-mortem masih terus dikumpulkan oleh Polda Jawa Timur. Sejauh ini,  ada sekitar 63 orang yang sudah terkumpul datanya. Saat ini data record yang sudah dikumpulkan ada 40 persen. Data yang dikumpulkan dari pihak keluarga yakni berupa sidik jari, medical record, ciri fisik, dan property.

Sementara itu, Badan SAR Nasional menyiapkan skenario evakuasi badan pesawat AirAsia QZ8501. Menurut Direktur Operasional Basarnas, Marsekal Pertama SB Supriyadi, rencananya pengangkatan potongan badan pesawat akan dilakukan dengan lifting bag (balon pengapung) dan crane. Namun, sebelum pengangkatan dilakukan, tim penyelam direncanakan melakukan pengangkatan satu per satu jenazah dari dalam badan pesawat dahulu yang diperkirakan masih banyak yang terperangkap.

Menurut Supriyadi, sebelum badan pesawat ditemukan oleh kapal Singapura, sebetulnya scane side dan ROV kapal Kemenhub KN Jadayat telah menemukan objek berdimensi 30x10x3 meter. Namun, saat itu objek tidak terlihat jelas. Hasil scan side kapal menggambarkan badan pesawat dengan satu sayap. Tak ada kepala atau cockpit dan ekor pesawat, jika dilihat dari ekorpesawat  kira-kira sekitar 1,7 Nautical Mile. Hingga hari ke-18 operasi pencarian pesawat AirAsia, total 50 jenazah telah ditemukan. Sebanyak 32 jenazah  sudah berhasil diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur.

Tags:
author

Author: