Dua Juta Warga Jawa Timur Belum Mengurus e-KTP

e ktp

Jawa Timur~ Program Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP sudah lama bergulir. Namun, masih banayk warga negeri ini yang belum mrmilikinya. Di Jawa Timur misalnya, masih ada sekitar dua juta penduduk yang belum memiliki kartu ini.

“Yang sudah melakukan perekaman e-KTP sebanyak 27 juta jiwa atau 92 persen, sementara yang belum masih ada 2 juta jiwa atau 8 persen,” jelas Kepala Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Kependudukan Jatim, Sukardo (23/2).

Menurut Sukardo, jumlah warga Jatim yang berhak memiliki e-KTP sekitar 29 juta jiwa dari total 38 juta jiwa. Dari jumlah tersebut warga di empat daerah paling banyak belum memiliki e-KTP, yaitu Kota Surabaya, Kabupatan Gresik, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Sampang.

Warga yang belum merekam e-KTP menurutnya memiliki beberapa alasa, salah satunya karena berada di luar kota atau luar negeri. Mereka bekerja atau bersekolah.

“Kami telah berkoordinasi dengan dinas kependudukan daerah agar warga segera mengurus e-KTP. Dan daerah  sendiri sudah melakukan berbagai upaya seperti jemput bola dengan mendatangi warga untuk melakukan perekaman,” imbuhnya seperti diwartakan liputan6.com.

Tags:
author

Author: