“Fact check” Inovasi dari Google yang Belum Sampai Indonesia

google doodle hari anak nasional

California – Di era serba modern ini, siapa yang tak mengenal Google? Perusahaan raksasa penyedia mesin pencari yang terus berinovasi. Yang terbaru, Google menghadirkan fitur layanan kurasi berita bernama fact check.

“Kamu akan melihat tanda artikel (fact check) ini akan ditampikan di news.google.com atau di aplikasi Google News dan Weather untuk iOS dan Android,” jelas Head of Google News Richard Gingras (17/10).

Fact check nantinya dapat digunakan untuk menandai apakah berita tersebut merupakan fakta atau bukan.Fitur in diwartakan liputan6.com akan ditampilkan pada hasil pencarian sebuah berita.

Sayang, kita di Indonesia belum bisa menikmati layanan anyar ini. Pasalnya, fitur fact check  baru dapat digunakan di Amerika Serikat dan Inggris. Belum ada juga keterangan resmi terkait cakupan wilayah yang bisa menikmati layanan ini.

Namun, yang jelas pengkategorian artikel dalam fact check  didasarkan ulasan dari Schema.org. Untuk memastikan sebuah artikel fakta, berarti juga harus memenuhi beberapa kriteria dari sistem yang disebut Claim Review

Tags:
author

Author: