Fadli Zon: Tetapkan Saja Calon Tunggal

kpu

Pewartaekbis~ Beberapa daerah yang semula menyatakan kesiapannya menggelar pilkada serentak ternyata hanya dapat menjaring calon tunggal. Menghadapi permasalah ini, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengusulkan agar ada revisi Undang-Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah khusus untuk calon tunggal.

“Semestinya kalau ada calon tunggal, ya kita tetapkan saja. Memang belum ada payung hukumnya, tetapi saya akan usul kalau ada calon tunggal, ditetapkan saja oleh DPRD secara langsung,” sebut Fadli dalam diskusi Polemik di Cikini (8/8).

Namun, Fadli sendiri mengakui jika usulan tersebut belum bisa digunakan pada pelaksanaan pilkada serentak tahapa pertama 9 Desember mendatang. Pasalnya, perubahan sistem pemilihan membutuhkan revisi undang-undang.

“Pemerintah kemarin tidak mau merevisi UU Pilkda, karena merasa tidak ada masalah. Saya rasa revisi UU Pilkada sangat diperlukan,” lanjutnya seperti diwartakan Kompas.

Untuk saat ini, opsi penambahan waktu pendaftaran menurut Fadli memang menjadi salah satu solusi yang ditentukan secara mendesak. Sebagaimana diketahui publik, terdapat tujuh daerah yang memiliki calon tunggal, 81 daerah lain yang hanya memiliki dua pasangan calon dipertimbangkan ulang, dan adanya potensi calon pemimpin daerah berkurang karena tidak lolos tahapan verifikasi.

Tags:
author

Author: