Fakta Makan Sehat dan Stres

stressehat

Jakarta- Masalah selalu muncul dalam setiap kehidupan manusia. Hanya saja setiap manusia memiliki sikap yang berbeda dalam menghadapinya. Jika tidak bisa termenej dengan baik maka akan muncul gejala stres. Saat stres hadir dalam diri kita, semua hal yang baik dan seharusnya baik maka akan hilang manfaatnya begitu saja. Karena hati adalah alat kontrol atas reaksi dan pola pikir setiap manusia. Jika hatinya tenang, maka stres pun bisa dihindarkan, yang baik menjadi semakin baik dan memberi manfaat. Sama halnya dengan makanan yang kita makan, makanan sehat yang kita konsumsi akan hilang manfaatnya jika stres terus menghantui diri kita. Ini artinya, usaha apapun atau pola makan apapun yang kita terapkan agar mendapat yang tubuh sehat akan menjadi tidak memberi dampak apapun jika si pemilik tubuh sedang mengalami stres yang berkepanjangan.

Dilansir dari Kompas.com, sebuah studi baru dalam Molecular Psychiatry menyimpulkan, stres yang berkepanjangan dapat merusak manfaat sehat dari diet sehat yang telah Anda lakukan.  Hasilnya, jika seseorang mengalami stres, tubuh akan merespon makanan dengan cara yang sama, apakah makanan itu sehat atau tidak. Sebab, makanan sehat yang dikonsumsipun tetap dapat memicu inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Jika respon inflamasi berlanjut, maka dapat mengacu pada peradangan kronis yang terkait dengan kondisi seperti imun yang menurun, arthritis bahkan penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan, seorang wanita yang tidak mengalami stres  atau dalam kondisi damai, maka tubuhnya akan mengeluarkan respon inflamasi yang tinggi untuk makanan tinggi lemak jenuh dan respon inflamasi yang lebih rendah untuk makanan sehat (rendah lemak jenuh). Lemak jenuh sendiri telah terbukti dapat meningkatkan inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Namun, hal sebaliknya terjadi ketika seorang wanita mengalami stres, respon inflamasi tubuh terhadap makanan sehat berubah menjadi sama tingginya dengan makanan tinggi lemak jenuh. Ketika respon inflamasi berlanjut, maka dapat mengacu pada peradangan kronis. Peradangan kronis sendiri dikaitkan dengan kondisi seperti imun yang menurun, arthritis bahkan penyakit jantung. Baik diet maupun stres, keduanya dinilai sangat memengaruhi respon inflamasi tubuh. Oleh karena itu, untuk menjadi benar-benar sehat, tidak hanya konsumsi makanan sehat saja. Tetapi, bebas stres  juga merupakan komponen yang berapengaruh terhadap kesehatan tubuh. Selain makan sehat, untuk membantu mengatasi stres kita bisa melakukan beberpa metode pernapasan, meditasi, atau yoga.

Rate this article!
Tags:
author

Author: