Faktor Penyebab Autisme, Bukan Salah Orang Tua

ibuanak

JAKARTA –  Gangguan autisme umumnya muncul pada usia dini. Autisme lebih banyak terjadi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan. Penyebab autisme sendiri  belum diketahui pasti.

Gangguan perkembangan kesulitan komunikasi pada anak atau autisme sebenarnya tidak mutlak kesalahan orang tua. Meskipun belum diketahui secara pasti, sejauh ini penelitian melihat adanya unsur genetik yang mempengaruhi anak mengalami kesulitan berkomunikasi.

Dilansir dari Kompas.com, Dokter spesialis kedokteran jiwa-konsultan psikiatri anak dan remaja, Ika Widyawati mengatakan, autisme atau gangguan spektrum autistik (GAS) faktor genetik, gangguan neurologis dan biokimia di otak juga berpengaruh pada perkembangan komunikasi anak.

Ika menjelaskan, pada anak yang mengalami autisme ada beberapa area di otak anak yang mengalami gangguan. Ia mengibaratkan, dalam otak terdapat banyak cabang-cabang yang menyampaikan impuls (rangsangan) dan terdapat neurotransmitter.

Salah satunya memiliki neurotransmitter dopamin yang berlebihan sehingga menghambat penyampaian impuls di otak. Sehingga, mengakibatkan anak kesulitan berkomunikasi. Bahkan, keterlambatan dalam perkembangan intelektual.

Meski demikian, Ia memaparkan, belum diketahui secara jelas gen maupun kromosom apa yang menyebabkan utama autisme.

Disamping itu, Ika juga menegaskan, autisme bukan disebabkan oleh pemberian vaksin. Hal tersebut Ia sampaikan, seiiring menjawab isu bahwa vaksin dapat menjadi penyebab anak autisme. Isu ini sempat membuat kasus infeksi menjadi tinggi karena banyak orangtua tidak memberikan anak imunisasi.

“Tidak ada vaksin yang dapat menyebabkan anak menjadi autisme di kemudian hari”, tegas Ika dalam diskusi di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Tags:
author

Author: