Fantastis, Penurunan Angka Pengangguran Terbesar yang Pernah Ada

job

Madrid – Spanyol mendapat pukulan keras akibat krisis keuangan global sehingga mengalami masa-masa sulit resesi yang memperlihatkan lonjakan pengangguran dari level rendah sekitar 8% di 2007 menjadi 27% di 2013.

Tahun 2015, tingkat pengangguran di Spanyol dinyatakan menurun hingga 8%persen dibanding tahun sebelumnya. Angka pengangguran tersebut turun sebesar 354.203 menjadi 4,04 juta. Ini merupakan penurunan tahunan terbesar yang pernah ada.

Dilansir dari Beritasatu.com, Kementerian Tenaga Kerja Spanyol melaporkan, berdasarkan data dari badan statistik nasional Ine menyebutkan tingkat pengangguran di Kuartal III mencapai 20,18%.

Di bulan Desember lalu, jumlah pengangguran di Spanyol turun hingga 55.790. Pengurangan pengangguran ini sebagian besar berkat pekerjaan sementara di bidang jasa yang tercipta sepanjang musim perayaan festival. Meski demikian, tingkat pengangguran Spanyol masih berada di level tertinggi dalam zona euro setelah Yunani.

“Trendnya sangat baik. Apa yang perlu kita lakukan sekarang adalah bertahan,” ujar Perdana Menteri (PM) Mariano Rajoy kepada radio Cope.

Peperangan melawan pengangguran merupakan platform unggulan Rajoy menjelang pemilihan umum (pemilu) 20 Desember, di mana partainya telah kehilangan suara mayoritas parlemen.

Tags:
author

Author: