Gandeng Perusahaan Turki, PT Pindad Siap Produksi Medium Tank

pindad

Jakarta – Nampaknya PT Pindad (Persero) tengah di atas angin. Beragam produk baru dihasilkan salah satu perusahaan pelat merah ini. Mereka juga dikabarkan tengah bersiap untuk memproduksi medium tank.

Duta Pindad, Dimas Aryo Pratomo, menerangkan jika produksi medium tank ini merupakan hasil kerja sama dengan salah satu perusahaan asal Turki bernama FNSS. Desain produk dimaksud dipamerkan Indo Defence ke-7, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Karena di dunia masih jarang medium tank. Kebanyakan main tank kayak Leopard. Terus light (ringan) tank kayak AMX,” sebut Dimas Aryo Pratomodi beberapa waktu lalu.

Dimensi panjang medium tank ini 7 meter, lebar 3,2 meter, dan 2,7 meter.  Tank ini akan memiliki berat 30-40 ton dan unggul dalam penggempurnya.

“Tourattes-nya 105 mm, kita pakai dari Belgia. Jadi dengan Turki itu kita pengembangan bersama. Membuat design dan keseluruhan. Hari ini di-launching final designnya,” lanjut Dimas.

Dimas juga menerangkan jika tank yang mampu menembus kecepatan 70 km dengan daya jelajah hingga 600 km ini adalah satu dari tujuh program nasional Presiden Joko Widodo.

“Kita buat tank ini karena countur tanah kita gembur, untuk hutan. Kalau tank yang main kan biasanya di padang pasir. Kebutuhan kavaleri kita sendiri lebih banyak memang di medium. AMX ringan, tapi enggak punya fungsi penggempur,” tambahnya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: