Gangguan Jiwa Tertinggi Ke-2 Ada Di Yogyakarta

jogja

YOGYAKARTA – Data riset kesehatan dasar (Riskesda) tahun 2013 menunjukkan 2 atau 3 dari 1000 penduduk Yogyakarta menderita Skizofrenia (gangguan jiwa berat). Dengan prevalensi jumlah penduduk DIY yang menderita gangguan jiwa berat sebesar 2,7 Persen.

Dilansir dari Kompas.com, Jumlah penderita Skizofrenia (gangguan jiwa berat) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terbilang cukup tinggi. Bahkan di tingkat Nasional, DIY menduduki posisi nomor 2 setelah Aceh.

Data riset kesehatan dasar (Riskesda) tahun 2013 secara rinci menyebutan, bahwa jumlah tertinggi penderita gangguan jiwa berat berada di Kabupaten Kulonprogo 4,67 persen, Kabupaten Bantul 4 persen dan kota Yogyakarta 2,14 persen, Kabupaten Gunungkidul 2,05 persen. Sedangkan Jumlah terendah ada di kabupaten Sleman 1,52 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Pembayun Setyaningastutie mengatakan, beberapa langkah yang dilakukan untuk pemerintah DIY adalah dengan mengintensifkan sosialiasi ke masyarakat.

“Kedua aktif dalam memberikan pendampingan. Sebab banyak masyarakat dan keluarga yang belum memahami bahwa orang dengan gangguan kejiwaan berat dapat sembuh dan kembali produktif”, paparnya.

Tags:
author

Author: