Garam Rakyat Sedang Diuji Menteri Susi

susi

Jakarta~ Selain fokus memberantas pencurian kan di wilayah laut Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti juga tengah memfokuskan perhatiannya pada persoalan garam. Bahkan, ia tengah mencari informasi dan bukti sebanyak-banyaknya terkait kualitas garam produksi rakyat.

Untuk itu, ia dan timnya hari ini mengambil tiga karung garam untuk diuji oleh lembaga independen. Dengan pengujian di laboratorium, ia ingin mengetahui kandungan natrium chloride (NaCl) garam rakyat.

Selain garam rakyat, Susi juga akan mengji sampel garam dari perusahaan yang menggunakan garam impor.

“Saya mesti ambil garam industri, saya cek independen juga. Kalau kita kan bukan mau egois sendiri. Saya mau ambil sebanyak-banyaknya bukti, supaya kita ini bisa sebanyak-banyaknya tahu. Kita lagi mau telepon ke perusahaan yang punya garam industri,” sebut Susi (16/9).

Ia juga menjelaskan jika sekarang kebutuhan garam industri mencapai kurang lebih 1,166 juta ton per tahun. Nah, ada potensi garam rakyat untuk memenuhi kebutuhan industri meski masih perlu pengujian.

“Saya sih mau lihat standar aneka-pangan seperti apa. Makanya saya mau tes dulu. Karena kalau kita omong-omong saja, enggak akan selesai-selesai,” tandasnya.

 

(sumber: kompas.com)

Tags:
author

Author: