Gedung MTs Baru Di Jayawijaya Diresmikan Kemenag

kemenag

Jayawijaya– Kemarin, Kamis (29/12) Kementerian Agama sukses melakukan peresmian gedung baru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Filial Merasugun Asso. Lembaga pendidikan ini berada di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Gedung dimaksud ialah tiga ruang kelas baru dan satu asrama puteri. Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Pendidikan Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan.

“Tiga ruang kelas baru selesai dibangun di tahun 2016 ini. Ketiganya akan dimanfaatkan peserta didik kelas 7. Ini diharapkan menjadi piranti untuk perluasan akses pendidikan yang berkualitas di daerah pedalaman,” sebutnya usai meresmikan gedung (29/12).

Daerah Walesi menurutnya merupakan salah satu distrik pedalaman di Wamena, dengan umat muslim sebagai minoritas. Ia berharap, MTs Filial akan menjadi bagian dari komitmen kehadiran negara di tengah masyarakat, tidak terkecuali di wilayah terluar dan terdalam.

Ia juga mengungkapkan jika keberadaan madrasah ini merupakan salah satu prasarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan anak-anak suku pedalaman untuk memeroleh akses pendidikan.

“Dengan adanya MTs Filial, anak-anak suku pedalaman mendapatkan akses pendidikan yang memadai karena baru ada MI di daerah tersebut. Ke depan direncanakan juga dibangun MA. Tanah seluas 4 hektar sudah atas nama Kemenag,” imbuhnya.

“MTs ini baru beroperasi tahun ini dengan total siswa berjumlah 35 anak. Untuk Tahun 2017, kita sudah mengalokasikan untuk pembangunan 3 ruang kelas baru dan asrama putra,” kata M Nur Kholis kemudian.

Tak lupa, Nur Kholis menyampaikan pesan dengan mengutip Syarh Sullam at-Taufik, Mirqatu Su’udi t-Tashdiq karya Nawawi al-Bantani dalam kesempatan tersebut.

Fa-hadza juz’un lathifun yassarahu Allahu Ta’ala fima yajibu ta’allumuhu wa-ta’limuhu wal-‘amalu bihi. Bahwa siapapun kita, memikul tiga kewajiban, yaitu: kewajiban mengajar, mengajarkan, dan mengimplementasikan,” pungkasnya seperti diwartakan laman resmi Kemenag.

Tags:
author

Author: