Google Doodle Mengangkat Biografi Henri de Toulouse-Lautrec, Siapakah Dia?

Henri de Toulouse-Lautrec

Henri de Toulouse-Lautrec

Pewartaekbis — Google Doodle hari ini mengenang seorang pelukis nposter dan seniman besar Prancis yang hidup di akhir abad 19. Dialah Henri de Toulouse-Lautrec (lahir di Albi 24 November 1864; meninggal di Chateau de Malrome 9 September 1901)

Henri de Toulouse-Lautrec adalah anak dari keluarga yang makmur sehingga tidak ada hambatan berarti dalam belajar. Hal ini juga yang membuat ia tidak memiliki kesulitan untuk menikmati hidup dan mengamati kehidupan orang-orang yang dilukisnya, yaitu di klub, di cafe, dan di panggung tari.

Ketika de Toulouse-Lautrec menginjak usia 13 tahun Henri mengalami  patah tulang paha kanannya dan  pada 14 tahun usianya, patah tulangnya bertambah di sebelah kiri. Meskipun beristirahat cukup lama, tidak membuatnya sembuh dengan baik.

Dokter waktu itu belum bisa memastikan penyakit apa yangf diderita Lautrec. Kedokteran modern menemukan penyakit seniman Prancis ini sebagai kelainan genetik, kemungkinan pycnodysostosis ( juga kadang-kadang dikenal sebagai Toulouse – Lautrec Syndrome ), atau gangguan varian sepanjang garis osteopetrosis , achondroplasia, atau osteogenesis imperfecta rakhitis.

Kakinya berhenti tumbuh, sehingga sebagai orang dewasa ia terlihat pendek (kerdil). Tubuhnya tumbuh normal tetapi kakinya tetap berukuran seperti anak-anak.  Dia dilaporkan telah memiliki alat kelamin hipertrofi.

Akibat secara fisik tidak dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan biasanya dinikmati oleh orang-orang seusianya , Toulouse – Lautrec menenggelamkan diri dalam seni. Siapa sangka, dari kehidupannya yang penyendiri lahirlah karya-karya lukisan pasca-impresionis yang mengangumkan. Lautrec memberi kontribusi sejumlah ilustrasi untuk majalah Le Rire selama pertengahan 1890-an.

Ia sering membuat lukisan dengan papan kayu bergaya Jepang.[1] Hal ini menjadikannya pelukis yang khas dan original. Ia melakukan akrivitas melukisnya di daerah yang banyak dikunjungi orang, di tengah keramaian, misalnya di daerah Montmartre, seperti di Moulin Rouge.

Objek lukisannya banyak bicara tentang dunia perempuan, misalnya ia melukis biduan-biduan, pelacur, penari, artis sirkus, dan perempuan yang biasanya hadir di acara olah raga [[pacuan kuda].

Ia menggambarkan watak dan karakter objek yang ia lukis secara mendalam baik dengan melukis secara proporsional sesuai asli maupun dalam lukisan karikatur.[1] Ia menciptakan kurang lebih 1000 lukisan dan 5000 gambar serta 350 poster selama hidupnya.

(sumber Wikipedia)

Beberapa subjek yang ia lukis, biduan-biduan di kota Paris, Yvette Guilbert, Jane Avril, dan la Goulue.[1] Toulouse-Lautrec juga mengerjakan lukisan yang diperuntukkan sebagai iklan atau reklame.[1] Lukisannya sangat berpengaruh dalam dunia komersial.[1]

Tags: