Google Maps ‘Sengaja’ Tak Menampilkan Nama Palestina

Palestina

Pewartaekbis– Beberapa waktu terakhir mucncul polemic mengenai tidak adanya nama Palestina di layanan peta digital Google Maps. Polemik ini muncul dari protes Palestine Journalist Forum (PJF) yang melihat Google Maps tak menuliskan Palestina dan menggantinya dengan Israel.

Dalam tulisan yang dipublikasi pada 25 Juli 2016 tersebut, mereka menyebutkan jika tindakan Google ini adalah bagian dari skema Israel. Dengan tindakan ini, Google dipandang berkontribusi memalsukan sejarah, geografi, dan hak warga Palestina untuk mengetahui negaranya di layanan peta digital.

“Ini merupakan bagian dari skema Israel untuk membangun namanya sebagai negara yang sah untuk generasi yang akan datang dan menghapuskan Palestina sama sekali.” Ungkap mereka dalam tulisan.

Sementara itu, pihak Google menyatakan jika layanan Maps memang sedari awal tak memasang nama Palestina. Jika pengunjung mengetikkan kata ‘Palestine’ atau ‘Palestina’, maka akan merujuk ke perbatasan di wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza.

“Tidak pernah ada label ‘Palestina’ di Google Maps, namun kami menemukan bug hilangnya garis putus-putus di wilayah ‘Tepi Barat’ dan ‘Jalur Gaza,” sebut juru bicara Google seperti diwartakan CNN Indonesia.

Tags:
author

Author: