Grand Syekh Al Azhar: Sunny dan syiah adalah saudara

mui grand syekh al azhar

Jakarta~ Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) kemarin mendapatkan tamu istimewa. Ia adalah Grand Syekh Al Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb. Kehadirannya disambut juga oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta sejumlah ulama dan tokoh cendekiawan muslim.

Dalam pertemuan di MUI, Grand Syekh menyatakan jika umat Islam yang berakidah Ahlussunah bersaudara dengan umat Islam dari golongan Syiah.

“Sunny dan syiah adalah saudara,” jelas Syekh Ath-Thayyeb (22/02).

Syekh Ath-Thayyeb memandang Islam memiliki definisi yang jelas, yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, menegakkan salat, berpuasa, berzakat, dan beribadah haji bagi yang mampu.

“Mereka yang melaksanakan lima hal pokok ini maka dia muslim. Kecuali mereka yang mendustakan,” imbuhnya.

Dengan gamblang, ia menerangkan jika tidak ada masalah prinsip yang menyebabkan kaum Syiah keluar dari Islam. Tidak hanya itu, ajaran Syiah dipandangnya memiliki kedekatan dengan pemahaman Sunny. Perbedaannya, terdapat pada pandangan imamiah.

“Syiah mengatakan imamiah bagian dari Ushuluddin, kita mengatakan sebagai masalah furu’,” jelas Grand Syekh.

“Kalau kita membaca kitab-kitab Syiah yang lama, mereka secara umum menghormati para sahabat,” katanya seperti diwartakan laman resmi Kemenag.

Tags:
author

Author: