Gua Braholo, Gua Arkeologis Ternama Asal Indonesia

gua braholo
Yogyakarta~ Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, memang memiliki segudang pesona alam yang luar biasa. Salah satunya ialah Gua Braholo. Gua ini menjadi tempat ditemukannya fosil manusia purba yang diperkirakan berumur sekitar 10.000 SM. Oleh karena itu, wajar jika Gua Braholo juga menyandang gelar sebagai gua arkelogis.

Ada beberapa tim yang sudah melakukan eksvakasi Gua Braholo. Tim dimaksud antara lain Tim Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Arkeologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Diperkirakan, kerangka manusia purba yang ditemukan di Gua Braholo tersebut adalah ras Astronesia atau ras yang bermigrasi dari benua Afrika ke Asia seperti ras-ras yang berada di timur Indonesia seperti Irian Jaya dan sebagian Maluku.

Selain soal manusia purba, Gua Braholo merupakan objek wisata yang asik untuk melakukan caving (susur gua). Dengan menyusuri gua ini, Anda akan menemukan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan  keindahan ‘dunia’ bawah tanah. Selain terdapat stalaktit dan stalakmit, di dalam gua ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang sangat jernih.

Gua Braholo bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi,baik roda dua maupun kendaraan roda empat. Apabila menggunakan angkutan umum,pengunjung bisa naik bus jurusan Yogyakarta-Wonosari dari terminal Giwangan, Yogyakarta. Setelah sampai di terminal Wonosari, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan berganti colt berwarna hijau yang menuju jurusan kecamatan Karangmojo. Anda juga dapat menggunakan jasa ojek yang banyak mangkal Terminal Wonosari.

Tags:
author

Author: