Gubernur BI: Ekonomi Indonesia dalam Kondisi Aman

bi bank indonesia

Jakarta РKabar baik disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo. Menurutnya, kondisi ekonomi di Indonesia masih stabil dan kuat. Buktinya,  pertumbuhan ekonomi yang mencapai lima persen saat negara-negara lain di bawah angka tersebut. Selain tingkat pertumbuhan ekonomi yang mencapai lima persen, inflasi Indonesia juga ada kisaran tiga persen, dan neraca pembayaran dalam kondisi baik.

“Bahkan sistem keuangan, sistem perbankan kita sehat. Jadi tidak ada dasar untuk ada kegiatan yang disebut rush,” kata Agus.

Dengan asumsi ini, wajar jika kemudian Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, berharapmasyarakat tidak terlalu sensitif terhadap isu penarikan uang atau rush dari perbankan nasional.

“Bank Indonesia tetap siap siaga menghadapi situasi.¬†Otoritas Jasa Keuangan menjaga pasar modal, menjaga lembaga-lembaga keuangan, perbankan, asuransi, dan sebagainya. Pemerintah menjaga sektor riil-nya,” sebut Darmin seperti dikutip dari otonomi.co.id.

¬†“Kita sudah tunjukkan selama ini, kita bertahan bukan hanya bertahan. Dalam situasi ekonomi dunia melambat, pertumbuhan ekonomi kita masih tetap bisa meningkat. Bukan cuma bisa bertahan,” imbuhnya.

Tags:
author

Author: