Gunakan Skype, Pengurus NU di Berbagai Negara Lakukan Telekonferensi

nu

Pewartaekbis~ Selain menjadi organisasi masyarakat terbesar di Indoensia, Nahdlatul Ulama (NU) memiliki cabang di banyak negara. Menjelang Muktamar NU ke-33, kemarin (18/3) Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di berbagai negara melakukan konferensi jarak jauh melalui media sosial Skype dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Seperti yang diwartakan laman resmi NU online, telekonferensi yang dikendalikan dari kantor redaksi NU Online ini diikuti perwakilan dari 32 PCINU. Dalam konferensi tersebut, PCINU menyatakan dukungan atas suksesnya Muktamar Ke-33 NU di Jombang awal Agustus 2015.

Selain dukungan, beberapa masukan untuk panitia Muktamar juga muncul dalam forum dunia maya ini. Masukan tersebut antara lain terkait bahtsul masail, program, maupun organisasi. PCINU dari berbagai negara juga mengusulkan pendirian Bank NU yang dikelola sesuai dengan fiqih mu’amalah NU yang antiriba dan bersih dari praktik kapitalisme dan neoliberalisme. Mereka juga mendorong perumusan gerakan ekonomi NU dari tingkat pusat hingga ranting-ranting di tiap wilayah.

“NU juga perlu mengaji dan memberlakukan kembali UU No 17 tahun 1946 tentang ORI (Oeang Republik Indonesia), yang mana ulama NU telah memberikan kontribusi penguatan rupiah melalui pasal 10 rupiah setara dengan 5 gram emas murni,” demikian ungkap KH Shohibul Faroji Azmatkhan, koordinator telekonferensi.

Sementara itu, KH Said Aqil Siroj menyatakan semua usulan positif yang disampaikan kepada PBNU ditampung. Selain menampung, pihaknya berjanji akan menindaklanjuti masukan-masukan yang masuk.

“Bagus, (buku) itu akan menjadi data base NU. Saya juga mengusulkan, PCINU mendirikan stan tersendiri di Muktamar nanti,” papar KH Said Aqil Siroj.

Tags:
author

Author: