Hal-hal yang Perlu Menjadi Pertimbangan Saat Membeli Rumah

KPR

Pewartaekbis- Memiliki rumah sendiri dan mendapatkan rumah idaman, bagi sebagian orang tidak mudah. Selain berbagai faktor yang harus dipikirkan, harga rumah yang setiap tahun semakin tinggi pun mempersulit untuk meraihnya. Membeli rumah, sebaiknya jangan dilakukan terburu-buru. Menurut beberapa sumber ada beberapa faktor yang harus dipikirkan sebelum membeli rumah:

1. Lokasi rumah
Selain akses kendaraan yang mudah, lokasi rumah yang dipilih juga sebaiknya berada di lingkungan yang aman dan tidak berisiko banjir saat musim hujan.

2. Fasilitas rumah.
Pastikan sarana seperti listrik, air bersih, dan sarana lainnya telah tersedia secara memadai.

2. Pengembang dan spesifikasi rumah
Rumah kompleks yang dibangun dengan sistem borongan dari developer, umumnya memiliki kualitas bangunan yang buruk. Oleh karena itu, ketelitian dalam menilai kualitas bangunan rumah sangat diperlukan. Meskipun begitu, tidak setiap bangunan dapat dibangun secara sempurna, karena itu siapkan mental untuk melakukan renovasi kecil-kecilan.

3. Fasilitas sosial dan hiburan
Kompleks perumahan umumnya akan dilengkapi dengan fasilitas sosial, seperti sekolah, rumah sakit, rumah ibadah, fasilitas hiburan, arena bermain anak, sarana olahraga, taman, dan pertokoan.

4. Perbandingan harga
Pada saat membandingkan harga, perhatikan apakah harga tersebut sudah termasuk HGB, IMB, pajak, atau biaya lainnya. Karena elemen yang termasuk dalam nilai jual sangat bervariasi, pastikan untuk juga membandingkan dengan memperhatikan total harga yang ditawarkan pengembang.

5. Sistem pembayaran
Sistem pembayaran dalam pemberian rumah ada yang tunai maupun kredit, keduanya dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

– Membeli secara tunai
Bila membeli tunai, ada baiknya untuk langsung memikirkan pemeliharaan dan perawatan rumah setiap bulan. Keuntungan membeli dengan cara tunai, ke depannya Anda tinggal menganggarkan biaya kebutuhan bulanan tanpa dibebani biaya cicilan.

– Membeli secara kredit
Cara yang paling ringan dalam mendapatkan rumah impian, adalah dengan menggunakan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan jangka panjang. Namun, semakin panjang jangka waktu kredit yang diambil, semakin besar pula total bunga yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai merusak tatanan keuangan di masa depan.

– Cermat memilih perbankan
Saat ini banyak bank – baik pemerintah maupun swasta – yang menyediakan fasilitas KPR. Namun, ada baiknya Anda mengambil cicilan yang tidak melebihi 30 persen dari pendapatan bulanan Anda.

Tags:
author

Author: