Hanya 2 Orang ini yang Bisa Saingi Ahok di Pilgub DKI?

risma menteri kabinet Jokowi

Jakarta~ Hanya ada dua orang dari kader PDI-P yang bisa menyaingi popularitas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menurut Peneliti senior Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo, ia adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Selain Ganjar dan Risma, tidak ada lagi (kader PDI-P) yang bisa menyaingi Ahok,” sebut Karyono (27/1).

Ganjar dan Risma menurutnya mampu menyaingi Ahok karena keduanya memiliki reputasi yang setara dengan Ahok. Indikatornya adalah kinerja yang baik, kepuasan masyarakat tinggi, tegas, berani, dan populer di tingkat nasional. Nah, indikator-indikator tersebut menurut Karyono tidak dimiliki oleh para kader PDI-P lainnya, terutama yang saat ini berkiprah di dunia perpolitikan DKI Jakarta.

“Saya melihat wakil gubernur yang sekarang, Djarot Saiful Hidayat, tidak akan bisa menandingi Ahok. Begitu juga Boy Sadikin (Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta),” jelas Karyono.

Namun, ia belum yakin apakah PDI-P berani mengambil keputusan mengusung salah satu dari mereka pada Pilkada DKI 2017. Pasalnya, PDI-P dilihatnya juga masih membutuhkan keduanya untuk mengamankan suara di daerah masing-masing.

“Seperti Risma, kemungkinan akan diplot di Pilkada Jawa Timur,” imbuhnya seperti diwartakan kompas.com.

Tags:
author

Author: