Har Santri Nasional Gegap Gempita, ini Kata PBNU

hsn

Jakarta~ Sejak pertengahan bulan Oktober lalu, beragam acara digelar umat muslim di indonessia di berbagai daerah untuk memeriahkan Peringatan Hari Santri Nasional. Atas nama lembaga, Sekretaris Jenderal PBNU H Helmy Faishal Zaini mengungkapkan rasa terima kasihnya atas antusiasme masayarakat luas.

“Kami atas nama PBNU, mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang membantu peringatan Hari Santri, mulai dari TNI, Polri, Pemeritah Daerah, Presiden,” sebutnya di gedung PBNU, Jakarta  (26/10).

Menurutnyai, peringatan Hari Santri 22 Oktober lalu penuh khidmat dan sarat dengan nilai-nilai pengembangan wawasan kebangsaan, menyampaikan pesan sejarah, menanamkan nilai-nilai patriotik, membela tanah air, dan bangsa.

 “Ini bagian proses edukasi yang selama ini kurang didapat di sekolah,” imbuhnya seperti dikutip dari NU Online.

Helmy juga menganggap peringatan Hari Santri nasional telah menjadi perekat sosial sesama anak bangsa. Padahal menurutnya Hari Santri disinyalir akan melahirkan kelas sosial baru.

“Yang terjadi justru sebaliknya karena makna santri, menurut para kiai, tidak hanya terbatas yang mesantren di pondok, tapi seluruh warga masyarakat yang haus ilmu di pendidikan formal dan nomformal, serta memiliki watak dan adab kesantrian seperti menjaga ukhwah, memiliki spirit kebangsaan dan cinta tanah air,” paparnya kemudian.

Tags:
author

Author: